Assalamu'alaikum_Selamat datang di Blog Mahasiswa PGMI_Disini terdapat beragam informasi_Semoga informasi yang telah disajikan bermanfaat_Silahkan tinggalkan pesan jika ada yang perlu ditanyakan_Terimakasih atas kunjungan anda

Jumat, 05 Juli 2013

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Assalamu'alaikum..
Selamat sore sahabat blog PGMI semua, sore kali ini dalam keadaan yang cukup dingin, saya  mau share dengan kalian semua, mengenai PENGERTIAN DARI KURIKULUM, tentunya bagi kalian semua yang masuk di perguruan tinggi dengan jurusan FKIP/TARBIYAH/Pendidikan pasti akan bertemu dengan pelajaran yang membahas apa itu kurikulum. OK... langsung saja ya kalau begitu ini dia pengertian kurikulum menurut beberapa ahli dan kesimpulan dari pengertian kurikulum.



Menurut George A. Beaucham : 
Kurikulum sebagai bidang studi membentuk suatu teori yaitu teori kurikulum. Selain sebagai bidang studi kurikulum juga sebagai rencana pengajaran dan sebagai suatu sistem (sistem kurikulum) yang merupakan bagian dari sistem persekolahan.

Hilda Taba : 
Kurikulum sebagai a plan for learning, yakni sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa. Sementara itu, pandangan lain mengatakan bahwa kurikulum sebagai dokumen tertulis yang memuat rencana untuk peserta didik selama di sekolah.(Hilda Taba ;1962 dalam bukunya “Curriculum Development Theory and Practice).

Nengly and Evaras : 
Kurikulum adalah semua pengalaman yang direncanakan yang dilakukan oleh sekolah untuk menolong para siswa dalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik.

J. Galen Saylor dan William M. Alexander :
Dalam buku Curriculum Planning for Better Teaching on Learning (1956), menjelaskan arti kurikulum sebagai berikut” The curriculum is the sum totals of schools efforts to influence learning, whether in the class room, on the play ground, or out of school. Jadi segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, apakah dalam ruang kelas, di halaman sekolah, atau di luar sekolah termasuk kurikulum. Kurikulum meliputi juga apa yang disebut kegiatan ekstra kulikuler.

J. Lloyd Trump dan Delmas F. Miller :
Dalam buku school improvement. Menurut mereka dalam kurikulum juga termasuk metode mengajar dan belajar, cara mengevaluasi murid dan seluruh program, perubahan tanaga mengajar, bimbingan dan penyuluhan, supervise dan administrasi dan hal-hal structural mengenai waktu, jumlah ruangan serta kemingkinan memilih mata pelajaran.

Valiga, T & Magel, C : 
Kurikulum adalah urutan pengalaman yang ditetapkan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir dan bertindak.

Purwadi :
Memilah pengertian kurikulum menjadi enam bagian : (1) kurikulum sebagai ide; (2) kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan dalam melaksanakan kurikulum; (3) kurikulum menurut persepsi pengajar; (4) kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasional kan oleh pengajar di kelas; (5) kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan (6) kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum.

Menurut Grayson : 
Kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran. Perencanaan tersebut disusun secara terstruktur untuk suatu bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran (Materi di dalam kurikulum harus diorganisasikan dengan baik agar sasaran (goals) dan tujuan (objectives) pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Menurut Harsono : 
Kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik. Dalam bahasa latin, kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang terencana dari suatu institusi pendidikan.

B. Bara, Ch :
Kurikulum yakni bahwa konsep kurikulum dapat diklasifikasikan ke dalam empat jenis pengertian yang meliputi: (1) kurikulum sebagai produk; (2) kurikulum sebagai program; (3) kurikulum sebagai hasil yang diinginkan: dan (4) kurikulum sebagai pengalaman belajar bagi peserta didik.

KESIMPULANNYA:
Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang di rencanakan, di programkan, dan di rancang sedemikian rupa secara sistematis yang berisi bahan ajar serta pengalaman belajar sehingga dalam program pendidikan memiliki arah dan tujuan yang akan di capai dan dari hasil yang di capai kita dapat merevisi ulang dan mengembangkan program pendidikan untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya sehingga suatu kurikulum pembelajaran dapat di katakan selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan.

Iya, itu dia pemaparannya, semoga bermanfaat ya...
jangan lupa tinggalkan kritik dan saran kalian pada kotak komentar atau pada buku tamu yang tersedia, atau jika kalian bersedia silahkan simpan banner blog pgmi di blog sobat,.. 
terimakasih atas kunjungannya

"Silaturahmi memburahkan rizki..."

Wassalamu'alaikum....

Reaksi:

Di Posting Oleh : pgmi stain ~ http://pgmistain.blogspot.com/

Artikel Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli ini diposting oleh pgmi stain pada hari Jumat, 05 Juli 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar